Loading...
world-news

POLITEKNIK NEGERI BATAM - TEKNIK INFORMATIKA


Akreditasi

A

Strata

S1

Perminatan

SAINTEK

Website

https://www.polibatam.ac.id/jurusan/informatika/

Sekilas Tentang TEKNIK INFORMATIKA

SEJARAH

Sebagai Perguruan Tinggi jalur vokasional yang berorientasi pada penguatan kemampuan praktek dan keterampilan mahasiswanya, proses pendidikan Polibatam didukung infrastruktur gedung yang sangat memadai. Gedung bebas asap rokok tersebut, berdiri kokoh diatas lahan seluas 12,5 Ha di pusat kota Batam, Batam Center. Gedung Utama tersebut merupakan pusat aktivitas manajemen, dosen dan proses kegiatan akademik dilakukan. Fasilitas digedung ini meliputi 20 ruang kelas, 29 laboratorium, perpustakaan, ruang administrasi, dan ruang layanan informasi serta berbagai sarana umum seperti masjid, kantin, dan auditroium yang cukup luas dengan daya tampung sekitar 1000 orang. Politeknik Negeri Batam (Polibatam) yang sebelumnya berstatus sebagai Perguruan Tinggi Negeri Satuan Kerja (PTN-Satker) akhirnya resmi menjadi PTN Badan Layanan Umum (PTN-BLU). Perubahan status tersebut berdasarkan Keputusan Menteri Keuangan Republik Indonesia Nomor 517/KMK.05/2022 Tentang Penetapan Politeknik Negeri Batam pada Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi sebagai Instansi Pemerintah yang menerapkan pola Pengelolaan Keuangan Badan layanan Umum tertanggal 29 Desember 2022.

LAB

  • LAB KOMPUTER

PROGRAM STUDI

PROFIL PROFESIONAL MANDIRI

  1. Mampu secara kreatif, inovatif, dan professional menghasilkan produk dan jasa di bidang Informatika sesuai perkembangan teknologi;
  2. Memiliki keterampilan personal dan interpersonal yang unggul untuk sukses berkarir di industri, akademis, dan bisnis;
  3. Terlibat dalam kegiatan pengembangan karir profesional dan mempertahankan keunggulan kompetitif dalam pembelajaran seumur hidup melalui pendidikan lebih lanjut, penelitian terapan, dan kegiatan profesional lainnya.

KOMPETENSI LULUSAN

Kompetensi utama lulusan Program Studi D3 Teknik Informatika Politeknik Negeri Batam antara lain:
1. Rekayasa dan perancangan perangkat lunak
2. Pengembangan aplikasi berbasis Web
3. Pengembangan aplikasi berbasis Perangkat Bergerak
4. Perancangan dan implementasi basis data
5. Administrasi server
6. Perancangan, konfigurasi dan perawatan jaringan, serta perangkat keras komputer.

CAPAIAN PEMBELAJARAN

Aspek Sikap
1. Bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius;
2. Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral dan etika;
3. Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan peradaban berdasarkan Pancasila;
4. Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa;
5. Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain;
6. Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan;
7. Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara;
8. Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik;
9. Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri;
10. Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan;
11. Adaptif terhadap perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, khususnya di bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi;
12. Bekerjasesuai dengan standard operation procedure di lingkungan kerja serta menerapkan prinsip kesehatan, keselamatan, dan keamanan kerja.

Aspek Pengetahuan
1. Menguasai konsep teoritis matematika, dasar rekayasa untuk Software (Engineering Foundations for software) dan prinsip perancangan dalam pengembangan perangkat lunak guna menyelesaikan masalah di bidang teknologi informasi dan komunikasi;
2. Menguasai prinsip dan issue terkini darisisi etika, sain dan pengetahuan, sosial, legal, kesehatan, keselamatan lingkungan serta ekonomi untuk memberikan alternative solusi terhadap permasalahan di bidang teknologi informasi dan komunikasi;
3. Menguasai pengetahuan konseptual matematika diskrit dan non-diskrit dalam teknik pembuktian lojik dan matematis terhadap problem-problem komputasi;
4. Menguasai konsep pengembangan perangkat lunak (Software Design, Software Process dan Software Quality);
5. Menguasai metode, jenis dan prinsip pengujian perangkat lunak, yang terdiri atas Unit Test, Integration Test, System Test, Performance and Stress Test serta User Acceptance Test;
6. Menguasai pengetahuan faktual tentang codes dan standar dalam menjaga kualitas pengembangan perangkat lunak aplikasi;
7. Menguasai pengetahuan tentang algoritma fundamental yang berkaitan dengan struktur data dan manipulasinya, pendekatan dan bahasa pemrograman, arsitektur dan organisasi komputer, sistem operasi komputer, serta jaringan komputer;
8. Menguasai pengetahuan tentang desain algoritma dan analisis kompleksitas algoritma;
9. Menguasai pengetahuan tentang desain basis data baik secara konseptual, logical dan physica;
10. Menguasai prinsip dan teknik berkomunikasi lisan dan tulisan;
11. Menguasai pengetahuan tentang perkembangan teknologi informasi dan komunikasi;
12. Menguasai pengetahuan tentang produk perangkat keras dan perangkat lunak yang ada di perusahaan;
13. Menguasai konsep tentang berbagai macam topologi jaringan serta algoritma routing.

Aspek Keterampilan Umum
1. Mampu menyelesaikan pekerjaan berlingkup luas dan menganalisis data dengan beragam metode yang sesuai, baik yang belum maupun yang sudah baku;
2. Mampu menunjukkan kinerja bermutu dan terukur;
3. Mampu memecahkan masalah pekerjaan dengan sifat dan konteks yang sesuai dengan bidang keahlian terapannya didasarkan pada pemikiran logis, inovatif, dan bertanggung jawab atashasilnya secara mandiri;
4. Mampu menyusun laporan hasil dan proses kerja secara akurat dan sahih serta mengomunikasikannya secara efektif kepada pihak lain yang membutuhkan;
5. Mampu bekerja sama, berkomunikasi, dan berinovatif dalam pekerjaannya;
6. Mampu bertanggungjawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisidan valuasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada dibawah tanggungjawabnya;
7. Dan mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada di bawahtanggung jawabnya, dan mengelola pengembangan kompetensi kerja secara mandiri;
8. mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi;
9. Mampu mengkaji kasus penerapan ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora untuk pengembangan perangkat lunak dalam rangka menghasilkan prototype, desain atau prototype, menyusun hasil kajiannya dalam bentuk kertas kerja, dan spesifikasi desain.

Aspek Keterampilan Khusus
1. Mampu menerapkan matematika, dasar rekayasa untuk Software (Engineering Foundations for software) dan prinsip perancangan perangkat lunak mengacu standar ISO 12207 (Software Development Process);
2. Mampu menganalisa permasalahan, mengidentifikasi, dan mendefinisikan kebutuhan dan persyaratan (requirements) komputasi yang cocok pada domain permasalahan di bidang teknologi informasi dan komunikasi;
3. Mampu merancang, mengimplementasikan, dan mengevaluasi proses, program, sub program serta sistem basis data berbasis komputer, untuk memenuhi kebutuhan dan persyaratan (requirements) yang ditetapkan;
4. Mampu menerapkan konsep-konsep pemrograman paling tidak dalam 2 bahasa pemrograman;
5. Mampu meningkatkan mutu perangkat lunak dengan mengacu standar internasional ISO 9000 (Quality Management System) dan ISO 15504 (Quality Related Process Areas);
6. Mampu mendokumentasikan proses pengembangan perangkat lunak menggunakan standar dokumen yang berlaku serta mengkomunikasikannya secara efektif kepada pihak lain yang membutuhkan;
7. Mampu melakukan komunikasi tertulis dan oral teknikal secara efektif, terutama pada diseminasi informasi teknis yang terkait dengan teknologi komputasi dan penerapannya;
8. Mampu mengelola administrasi sistem jaringan komputerMampu melakukan perakitan, perawatan, dan perbaikan komputer;
9. Mampu mendesain, membangun, dan menginstalasi jaringan komputer untuk kategori LAN, WAN, intranet ataupun internet;
10. Mampu menganalisis atau mengevaluasi lalu lintas jaringan agar lebih efisien;
11. Mampu melakukan troubleshooting masalah jaringan.

PROSPEK KERJA

1. Software Developer
2. Front End Developer
3. Back End Developer
4. IT Help Desk
5. Network Administrator